Jumat, 22 Juni 2018

Hindari 5 Jenis Mainan yang Berbahaya untuk Anak

Posted by mirajudin on Juni 22, 2018 with No comments

Tips parenting untuk mengurus mainan anak mungkin terdengar konyol bagi sebagian orang tua. Namun nyatanya untuk sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mainan juga termasuk bagian yang membentuk anak. Mungkin masih belum banyak orang tua yang tahu juga bahwa tidak semua mainan itu aman untuk aman. Ternyata ada 5 jenis mainan yang berbahaya.

1. Fidget Spinner


Mainan yang satu ini bisa dibilang menemukan puncak kepopulerannya beberapa waktu yang lalu. Dari orang dewasa hingga mereka yang anak-anak tidak ingin ketinggalan untuk memainkannya. Namun ternyata jenis mainan yang satu ini sudah dinyatakan berbahaya untuk anak-anak. Soalnya terdapat baterai lithium yang dapat memicu kebakaran dengan mudah.

2. Balon Tiup


Melihat anak yang memainkan atau meniup balon tiup hingga membesar tentunya pemandangannya yang menggemaskan. Namun sebaiknya Anda mulai melarang memberikan balon tiup pada anak terutama bagi mereka yang masih berusia di bawah 8 tahun. Soalnya risiko balon yang meledak di mulut hingga tertelan lebih besar pada mereka yang masih anak-anak. 

3. Senapan Air


Tips parenting berikutnya yang berhubungan dengan mainan berbahaya adalah dengan mengawasi penggunaan senapan air pada anak. Soalnya selama ini masih banyak orang tua yang lalai ketika anak menggunakan mainan ini karena dianggap aman-aman saja. Padahal banyak cidera mata terjadi pada anak-anak karena penggunaan mainan senapan air yang sembarangan.

4. Mainan dengan Baterai Kecil


Bagi orang tua yang memiliki anak-anak berusia balita maka kewaspadaan harus selalu diutamakan. Tidak terkecuali kewaspadaan dalam memberikan mainan untuk mereka. Salah satunya adalah dengan tidak memberikan mainan yang memiliki baterai kecil terhadap mereka. Hal ini untuk mencegah mereka menelan baterai-baterai kecil tersebut.

Seperti yang diketahui, usia-usia mereka adalah momen mereka penasaran terhadap segala sesuatu yang dipegang. Untuk memenuhi rasa penasaran tersebut seringkali diakhiri dengan menelannya. Jadi penting sekali bagi setiap orang tua untuk menyediakan benda-benda yang aman di sekitar mereka. Tidak terkecuali dengan mainannya. 

5. Mainan Dokter


Melihat anak kecil yang bermain dokter-dokteran pastinya membuat banyak orang tua yang senang karenanya. Namun belum banyak yang tahu bahwa mainan dokteran ini ternyata memiliki risiko bahaya yang tinggi sekali untuk si kecil. Terutama bahaya ketika si kecil tidak sengaja menelan pil mainan yang seringkali terlihat menarik bagi mereka dan akhirnya ditelan.

Dengan mengetahui kelima jenis mainan tersebut maka tugas Anda sebagai orang tua untuk menjauhkan atau mengawasi pemakaiannya. Soalnya ilmu parenting sebermanfaat apapun tanpa adanya praktik langsung dari orang tua tentunya hanya akan sia-sia belaka. Hal yang sama juga berlaku untuk orang tua yang tidak ingin mainan di sekitar si kecil ternyata membahayakan. 
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar