Senin, 05 November 2018

6 Resep Makanan Bayi Umur 6 Bulan yang Mudah Dipraktikkan

Posted by mirajudin on November 05, 2018 with No comments

Makanan bayi umur 6 bulan pastinya ingin diketahui oleh Anda selaku orang tua yang sudah memiliki buah hati. Soalnya tidak bisa dipungkiri pada usia tersebut maka asupan nutrisi si kecil haruslah dimaksimalkan dengan menu makanan yang tepat. Tidak perlu khawatir, soalnya ada 6 resep makanan yang cocok dipraktikan untuk bayi usia 6 bulan seperti berikut. 

1. Makanan dari Beras Merah 

Si kecil yang masih berusia 6 bulan pastinya belum mampu untuk mengonsumsi makanan yang terlalu padat. Untuk itulah, berbagai jenis makanan yang dipilih, mestilah lembut dan sesuai dengan pencernaan si kecil. Dari sekian banyak pilihan, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada beras merah untuk dijadikan makanan pada bayi yang lezat dan tentunya juga bergizi. 

Resep untuk membuatnya sendiri juga terbilang mudah dan pastinya bisa langsung Anda praktikan di rumah. Cara pertamanya adalah dengan menyiapkan beras merah secukupnya dan juga ASI sesuai takaran. Setelah itu, beras merah dimasak dengan benar hingga kemudian menjadi bubur. Bubur beras meras tersebut lantas dicampur dengan ASI yang tersedia. 

2. Makanan dari Bubur Susu

Resep kedua yang bisa Anda coba adalah menggunakan bubur susu yang nyatanya disukai oleh si kecil. Hal pertama yang mesti Anda siapkan adalah 10 gram tepung beras dan 20 sendok makan ASI. Cara membuatnya adalah dengan memasak tepung yang sudah disiapkan tersebut dengan sedikit air. Tepung yang sudah matang lantas campur dengan ASI yang sudah ada. 

3. Makanan dari Pure Avokad 

Resep makanan bayi umur 6 bulan yang berikutnya ternyata bisa menggunakan pure avokad. Tentunya resep ini sangatlah mudah untuk bisa dibuat oleh siapa saja tidak terkecuali bagi Anda yang baru saja menjadi orang tua. Bahan-bahannya sendiri seperti 50 gram avokad kupas yang sudah dibersihkan dan 3 sendok makan ASI atau ukuran 30 ml. 

Langkah membuatnya adalah dengan mem-blender buah avokad yang sudah disiapkan tersebut hingga lembut tanpa menggunakan air. Adonan avokad yang sudah lembut tersebutlah yang kemudian dicampurkan ASI barusan. Aduk hingga merata atau hingga mengeluarkan aroma tertentu. Pure Avokad sudah siap dihidangkan untuk si kecil yang sudah berusia 6 bulan. 

4. Makanan dari Pure Pisang 

Apabila si kecil tidak terlalu suka dengan menu di atas maka Anda bisa mencobanya dengan menggunakan pisang. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa pisang yang dibutuhkan adalah buah pisang Ambon sebanyak 50 gram dengan 3 sdm ASI. Caranya juga tidak jauh berbeda yaitu haluskan pisang tersebut dan kemudian campurkan dengan ASI untuk hasil yang sempurna. 

5. Makanan dari Pure Pepaya 

Berikutnya ternyata buah pepaya juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menyajikan makanan bagi si kecil. Bahan yang mesti disediakan juga tidak terlalu merepotkan. Mulai dari 50 gram pepaya dan juga 30 ml ASI. Haluskan pepaya tersebut hingga benar-benar halus dan kemudian campurkan dengan ASI yang sudah tersedia. Pure Pepaya sudah siap disajikan. 

6. Makanan dari Pure Pir dan Pepaya 

Untuk resep yang terakhir bisa dibilang adalah resep yang mengkombinasikan dua buah sekaligus. Buah tersebut adalah buah pir dan juga buah pepaya. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 30 gram pir kuning dan 25 gram pepaya yang sudah dikupas. Kedua buah tersebut lantas dihaluskan dan kemudain dicampurkan dengan ASI untuk bisa diberikan pada si kecil. 

Jadi resep makanan bayi umur 6 bulan bukanlah sesuatu yang sulit untuk bisa dibuat. Keenam resep sekaligus tips yang ada di atas bisa langsung Anda coba. Supaya si kecil yang sudah memasuki usia enam bulan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan tentu cukup. 

0 komentar:

Posting Komentar