Kamis, 24 Januari 2019

Trik Merawat Kondisi Genset Untuk Proyek

Posted by mirajudin on Januari 24, 2019 with No comments

Untuk proyek dan juga industri, listrik bukan hal yang mudah saja ditemukan. Malah sebaliknya. Listrik menjadi sebuah kebutuhan tersendiri yang sangat sulit didapatkan. Terutama untuk proyek dan juga industri yang berada di pedalaman. Sehingga menyewa genset pun kerap kali jadi pilihan. Sewa genset merupakan alternatif terbaik untuk mendapatkan sumber listrik. Baik itu alternatif maupun cadangan.

Pada saat melakukan sewa genset, memang ada beberapa hal penting yang jadi perhatian. Mulai dari jenis serta tipe genset yang akan disewa. Hingga cara perawatan genset itu sendiri. Ini terutama penting ketika genset digunakan untuk proyek.

Di bawah ini, beberapa trik yang bisa digunakan untuk perawatan genset ketika digunakan di proyek.

1. Pastikan kebersihan


Penggunaan genset di proyek sedikit banyak berbeda dengan di industri atau pun di rumahan. Selain digunakan sebgaai sumber listrik alternatif utama dan bukan cadangan. Kebersihan genset pun sering kali tak akan begitu diperhatikan. Padahal debu hingga kotoran lain yang melekat pada genset bisa sangat mempengaruhi kinerja serta kondisi.

Untuk itu tak ada salahnya memang untuk memastikan genset dalam keadaan bersih.

2. Terhindar dari air


Sebagai salah satu sumber listrik, genset tentu saja sangat sensitif dengan air. Namun hal ini bukan berarti genset hanya harus terhindar dari air dalam jumlah banyak. Misalnya saja dari kebanjiran atau hujan. Namun air yang tidak pernah diperhatikan seperti embun hingga tetesan bisa menjadi masalah.

Air pada body genset nantinya bukan hanya menjadi penyebab terjadi konsleting listrik. Lebih dari itu, air pada genset dapat menyebabkan karat yang tentu saja, menjadikan keadaan genset lebih buruk. Jadi untuk merawat genset, salah satunya memang benar-benar pastikan terhindar dari air dan selalu dalam keadaan kering.

3. Penggunaan spare part


Salah satu trik lain, yang sayangnya kerap diabaikan adalah penggunaan spare part. Ketika terjadi kerusakan pada genset, sebaiknya memang jangan menggunakan spare part sembarangan. Sebaliknya selalu pastikan menggunakan spare part resmi yang sudah terjamin keamanannya.

0 komentar:

Posting Komentar