Jumat, 01 Februari 2019

Jenis - Jenis Antena Mobil Dan Cara Merawatnya Yang Perlu Anda Ketahui

Posted by mirajudin on Februari 01, 2019 with No comments
sumber : liputan6.com
Antena bukan hanya dipasang untuk di rumah saja, namun mobil juga membutuhkan antena untuk menangkap sinyal suara dan gambar ketika kita ingin mendengar radio atau menonton televisi di mobil. Tanpa adanya antena mobil, radio dan televisi anda tidak akan bisa menangkap sinyal tersebut dengan baik.

Oleh sebab itu, jika anda ingin memasang antena di mobil, sebaiknya anda harus ketahui dulu jenis - jenis antena mobil dan cara merawatnya dengan baik. Selain jenis - jenis antena mobil yang semakin berkembang, kini antena mobil juga memiliki bentuk dan model yang bisa membuat mobil anda terlihat modis dan cantik.

Lantas apa saja  jenis - jenis antena mobil dan bagaimana cara merawatnya? Untuk itu simak ulasannya berikut ini.

Antena Besi

sumber : liputan6.com
Antena besi merupakan antena mobil yang paling umum digunakan oleh banyak mobil. Antena ini lebih sering disebut dengan antena tarik yang panjang dan pendeknya bisa diatur sendiri. Namun anda harus hati - hati dalam mengatur panjang pada antena besi ini. Jangan terlalu pendek atau jangan terlalu panjang. Karena jika anda mengaturnya terlalu pendek, maka antena tidak bisa menangkap sinyal dengan baik. Sedangkan jika anda terlalu panjang menariknya, bisa - bisa antenanya akan tersangkut pohon atau mengganggu perjalanan anda.

Antena Fixed

sumber : toyota.astra.co.id
JIka antena besi bisa diatur panjang dan pendeknya, namun berbeda dengan antena Fixed yang tidak bisa anda atur karena antena ini sudah pasti bisa menangkap sinyal suara dan gambar di radio maupun televisi mobil. Antena Fixed juga memiliki bentuk yang lebih simpel dibanding antena sebelumnya.

Antena Shark Fin

sumber : Shopee.co.id
Antena jenis ini memiliki bentuk yang sama dengan namanya, yaitu sirip hiu. Pada umumnya, antena ini dipasang di belakang mobil. Antena shark fin juga memiliki bentuk yang lebih kekinian dibandingkan dengan antena fixied dan antena besi. Antena jenis ini pun sudah banyak dijual melalui online di e-commerce terpercaya seperti Shopee dan lainnya.

Antena Motorized

sumber : diamondantena.net
Kemudian ada Antena Motorized yang memiliki kecanggihan sendiri, yaitu antena yang bisa memanjang atau memendek sendiri secara otomatis. Antena Motorized akan naik ketika mobil menyala dan turun ketika mobil mati. Selain itu antena ini juga dikontrol dengan tombol.

Antena Printed Glass

sumber : daihatsu.co.id
Dengang perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya membuat mobil anda semakin canggih pula, tak terkecuali dengan antena mobil Printed Glass. Menurut berbagai informasi antena ini merupakan antena yang paling canggih sekarang. Printed glass terletak di dalam mobil, menempel pada kaca bagian belakang. Bentuknya nya pun kecil seperti garis.

Antena Digital

Selanjutnya antena digital, antena yang memiliki bentuk kota hitam, berukuran kecil yang terbuat dari plastik dan memiliki desain serupa dengan antena pada umumnya. Antena digital sangat cocok digunakan untuk mobil dengan kaca film yang mengandung logam. Umumnya, antena ini dijual satu paket dengan perangkat televisi atau mobil.

Setelah anda mengetahui jenis - jenis antena mobil, selanjutnya anda harus ketahui dulu cara merawatnya dengan baik agar antena mobil anda lebih tahan lama dan awet. Untuk itu perhatikan tips - tips merawat antena mobil dengan baik yang perlu kamu ketahui berikut ini.
1. Yang pertama harus anda lakukan adalah jangan sampai lupa untuk  mengeringkan antena ketika anda mencuci mobil agar antena tidak cepat berkarat.
2. Ketika memasang penutup mobil, perhatikan terlebih dahulu agar tidak tertekuk. Karena antena bisa patah atau bengkok jika penutup  mobil tidak dipasang dengan hati - hati.
3.  Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, anda harus berhati - hati dalam mengatur panjang - pendek antena. Karena jika antena terlalu tinggi bisa tersangkut pada portal, gapura atau ranting pohon sehingga menyebabkan antena menjadi rusak dan mengganggu perjalanan anda.

Jadi kamu sudah tahukan bahwa antena mobil juga memiliki jenis dan bentuk yang beraneka ragam. Bagaimana? Apa anda sudah ada berniat ingin membeli salah satu antena mobil di atas tapi anda masih bingung ingin beli dimana? Gak perlu khawatir lagi, sekarang ini anda sudah bisa membelinya secara online di berbagai e-commerce terpercaya seperti Shopee atau lainnya. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar