Sabtu, 23 Maret 2019

Cara Mengatasi Anak Mimisan Menggunakan Bahan Alami

Posted by mirajudin on Maret 23, 2019 with No comments

Mimisan merupakan salah satu jenis pendarahan yang sering terjadi dan tidak membahayakan. Meski begitu pendarahan di hidung tentunya akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Terlebih lagi jika terjadi pada sang buah hati tercinta. Meski begitu tak usah khawatir. Berikut beberapa cara mengatasi anak mimisan dengan bahan alami. 

Air Garam
Cara mengatasi anak mimisan dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan air garam. Pada umumnya mimisan yang terjadi pada sang buah hati dapat terjadi akibat beberapa faktor. Mulai dari suhu udara yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Nah cara yang satu ini dapat membantu menghentikan mimisan yang terjadi akibat udara dingin atau panas. 

Pasalnya air garam memiliki sifat yang mampu membantu melembapkan bagian lapisan dalam hidung sekaligus mengurangi iritasi yang terjadi pada selaput hidung. Bahkan tak hanya itu saja lo. Air garam juga dipercaya sangat ampuh untuk mempersempit aliran pembuluh darah pada area hidung sehingga pendarahan yang terjadi akibat mimisan bisa segera terhenti. 

Untuk mengobati pendarahan yang terjadi akibat mimisan terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan garam dalam air hangat. Kemudian basahi kapas dengan air garam yang sudah dilarutkan. Setelah itu sambil mendongakkan kepala sang buah hati ke atas, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung sang buah hati. 

Kompres Es
Es batu ternyata juga bermanfaat untuk menghentikan mimisan akibat pendarahan. Namun perlu untuk diingat, jangan pernah menempelkan es batu langsung ke bagian hidung. Pasalnya hal ini berisiko menyebabkan kerusakan jaringan. Jadi pastikan untuk membungkus es batu dan tempelkan pada bagian luar hidung. Cara ini sangat efektif untuk menghentikan mimisan. 

Bawang Merah
Tak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan saja. Bawang merah ternyata juga sangat efektif untuk menghentikan mimisan. Pasalnya bawang merah kaya akan senyawa belerang yang mampu membantu proses pembekuan darah secara alami. Tak hanya itu, ternyata bawang merah juga kaya akan vitamin  C untuk membantu memperkuat pembuluh darah kapiler.

Untuk menggunakan bawang merah sebagai obat mimisan, Anda hanya perlu menghirup aromanya saja. Potong tipis bawang merah dan letakkan di bawah lubang hidung. Kemudian hirup aromanya selama beberapa menit untuk menghentikan mimisan. Cara yang satu ini juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan akibat pembuluh darah yang pecah. 

Perasan Jeruk Lemon
Seperti yang sudah diketahui, jeruk lemon memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menghentikan mimisan. Sebab buah lemon memiliki kadar asam tinggi yang mampu menghentikan pendarahan. Bahkan kandungan vitamin C-nya juga sangat efektif untuk membantu memperkuat pembuluh darah yang rusak di dalam rongga hidung. 

Daun Ketumbar
Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan adalah daun ketumbar. Selain digunakan untuk memasak, daun ketumbar juga merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan sekaligus menyeimbangkan tekanan darah. 

Cara mengatasi mimisan dengan menggunakan daun ketumbar terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan daun ketumbar terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan daun ketumbar yang sudah dihaluskan ke bagian dalam hidung sang buah hati. 

Nah di atas merupakan beberapa cara mengatasi anak mimisan menggunakan bahan alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Meski terkesan sepele, namun bahan alami di atas ternyata sangat efektif untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan. Jadi jika si kecil mengalami mimisan tak usah panik dan khawatir. Tinggal siapkan bahan alami di atas.  

0 komentar:

Posting Komentar