Minggu, 31 Maret 2019

Ternyata Ini Penyebab Masalah yang Sering Dihadapi Laptop Kesayangan

Posted by mirajudin on Maret 31, 2019 with No comments

Sumber : Amazon

Saat ini di zaman serba digital semua orang pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya gadget dan perangkat komputer. Jika di zaman dulu orang membeli laptop hanya untuk bergaya saja, tetapi sekarang ini sudah menjadi hal kewajiban memiliki laptop. Karena sebagian orang pasti membutuhkannya untuk berbagai hal seperti melakukan pekerjaan dan membuat laporan tugas. Dengan kelebihannya yang mudah dibawa kemanapun serta tanpa harus memikirkan sumber tenaga listrik, karena laptop sama halnya dengan perangkat komputer lainnya seperti smartphone, PC tablet dan perangkat lainnya yang memiliki penyimpanan daya listrik melalui baterai yang harus diisi ulang secara berkala.

Masalah yang sering terjadi pada laptop biasanya seperti charger laptop tidak dapat mengisi daya baterai padahal charger sudah terhubung pada sumber arus listrik. Tentu jika daya baterai laptop habis, kamu pasti tidak akan bisa menghidupkan laptop tersebut. Untuk itu, kali ini kami akan membahas penyebab charger (adaptor) laptop tidak mau mengisi meskipun sudah terhubung dengan arus listrik. Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Problem Pada Steker Charger

Kasus yang pertama ketika kamu sudah menghubungkan charger ke arus listrik tetapi baterai laptop tidak mengisi, kemungkinan kabel sambungan antara kabel power charger dengan stop kontak listrik telah rusak atau longgar. Setiap charger laptop memiliki bentuk steker khusus berkaki tiga sehingga kamu harus menambahkan converter/over pada steker tersebut. Konektor penghubung seperti converter/over biasanya terdapat saklar yang dilengkapi dengan lampu indikator, jika lampu indikator pada converter/over tidak menyala padahal dalam posisi on kemungkinan stop kontak arus listrik rusak/putus.

2. Problem Pada Kabel Charger

Pada kabel charger laptop memiliki bentuk yang kecil serta terlihat tak kasat mata. Mungkin hal tersebut bisa mengindikasikan kerusakan pada charger bagian kabel bukan pada bagian adapternya. Misal, ketika kamu tidak merapikan kabel kembali pada saat meng-charger dan  kabel sering tertekuk maka hal itu akan menyebabkan robekan pada kabel, isolasi yang sudah rusak dan ketika dihubungkan pada sumber listrik seiring berjalanya waktu, dapat menyebabkan bau seperti kabel terbakar. Jika kamu menarik kabel terlalu kuat akan menyebabkan terputus serta dapat berpotensi charger tidak mau mengisi daya listrik.

3. Problem pada adapter charger

Banyak adapter laptop yang telah dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat mendeteksi terdapat masalah pada sumber arus listrik, seperti naik turunnya sumber arus listrik sehingga tidak stabil akan menyebabkan elemen catu daya didalam adapter bisa terbakar bahkan bisa meledak. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membeli adapter laptop yang original karena non-original tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut. Karena kami pernah mengalami menggunakan adapter laptop non-original, alhasil komponen di dalamnya terbakar dan mengeluarkan asap.

4. Problem Pada Sambungan Kabel Charger

Kemungkinan masalah kabel yang selanjutnya bisa terletak pada kabel power penghubung arus listrik dengan adaptor laptop. Karena sekarang ini charger laptop memiliki kabel yang terpisah antara adaptor dengan arus listrik. Penyebabnya yang sering terjadi yaitu terdapat kotoran pada soket penghubung kabel adaptor laptop dengan kabel power.

5. Problem Pada Ujung Kabel Konektor Charger

Kabel konektor charger dengan kondisi rusak dan terhubung langsung dengan laptop, akan menyebabkan aliran listrik pada adapter terganggu. Akibatnya baterai laptop tidak terisi meskipun sudah terhubung pada charger dan bisa menyebabkan kerusakan pada baterai.

Demikian beberapa penyebab kerusakan yang terjadi pada adapter laptop dan mengakibatkan baterai tidak mau mengisi daya listrik.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar