Kamis, 11 April 2019

Tips Kembangkan Bisnis Dengan Pinjaman Modal Usaha Bunga Rendah

Posted by mirajudin on April 11, 2019 with No comments

Usaha kecil yang Anda kelola suatu saat harus tumbuh. Anda tidak boleh membiarkannya terus menerus menjadi usaha kecil. Anda perlu mengembangkan usaha kecil yang Anda miliki. Kalau butuh modal untuk mengembangkannya, Anda bisa menggunakan pinjaman modal usaha bunga rendah.

Merintis usaha tidak bisa serta merta menjadi besar. Setiap usaha yang besar pasti dimulai dari sesuatu yang kecil. Anda harus menjadi bagian dari cerita tersebut. Kini saatnya bagi Anda untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki. Jangan hanya berpangku tangan dan merasa cukup dengan kondisi usaha saat ini. 

Ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan jika ingin mengembangkan usaha kecil yang Anda miliki. Langsung saja cek tipsnya di bawah ini.

1. Organisasi yang baik
Usaha yang terorganisasi dengan baik adalah awal yang baik untuk dikembangkan. Buatlah daftar atau jadwa kerja. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memantau pekerjaan yang sudah atau belum dicapai.

Organisasi yang baik juga berarti menciptakan tim work yang baik pula. Bangunlah tim yang solit. Pimpin karyawan Anda dengan baik. Baik tugas dengan baik secara merata. Jangan lupa untuk saling membantu dan mengingatkan. Kepemimpinan yang baik akan menciptakan karyawan yang loyal terhadap perusahaan.

2. Berpikir kreatif
Anda butuh berpikir kreatif untuk menciptakan inovasi. Inovasi ini perlu bagi perkembangan usaha Anda agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Dengan berpikir kreatif dan out of the box, Anda akan mendapatkan ide-ide baru yang segar untuk usaha Anda. jadi pelanggan Anda tidak akan merasa bosan. Menciptakan sesuatu yang baru di perusahaan Anda juga bisa mampu menarik customer baru.

3. Membiasakan mencatat
Apakah Anda mencatat setiap arus kas yang keluar masuk? Apakah Anda mencatat daftar belanja perusahaan Anda? Apakah Anda mencatat evaluasi yang diperlukan? Jika belum, sebaiknya Anda mulai mencatat segala sesuatu tentang bisnis Anda mulai sekarang.

Pencatatan secara menyeluruh memudahkan Anda mendapatkan gambaran secara menyeluruh pula. Anda bisa segera memperbaiki bila ada kekurangan. Tidak hanya mencatat kas yang keluar masuk, Anda juga bisa mencatat ide-ide yang lewat di kepala Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa.

4. Menganalisa komptetitor
Kompetitor bisa menjadi pendorong Anda untuk terus melakukan yang terbaik demi bisnis Anda. Anda jadi terpacu untuk selalu memberikan yang lebih baik dari kompetitor Anda. Karena itu, Anda perlu menganalisa kompetitor. Anda jangan takut untuk belajar dari meeka. Ambil yang baik dan lakukan lebih baik dari mereka.

5. Konsisten
Konsisten pada target dan tujuan. Konsisten pada budaya kerja. Konsisten pada segala aspek yang berhubungan dengan bisnis Anda. Apapun itu, konsistensi ini akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. 

6. Pahami risiko
Setiap langkah yang Anda ambil, pasti memiliki risiko. Perhitungkan dengan baik risiko dari keputusan yang Anda ambil. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

Salah satu contohnya adalah dengan mengambil pinjaman modal. Anda paham risiko yang mungkin terjadi adalah pendapatan yang naik turun. Karena itu, Anda memilih modal usaha bunga rendah agar hutang yang Anda punya tidak terlalu besar. Jika hutang tidak terlalu besar, semakin singkat waktu yang Anda butuhkan untuk membayar cicilan tersebut.

7. Fokus
Selain konsisten, Anda juga perlu fokus dalam menjalankan usaha. Jika Anda ingin usaha Anda berkembang, fokus pada mimpi tersebut. Lakukan cara-cara yang mengantarkan Anda untuk bisa mencapainya. Tetapkan target waktu dalam jangka waktu berapa bulan usaha Anda harus berkembang.

8. Pelayanan yang baik
Ketika Anda memulai bisnis atau usaha, Anda membutuhkan konsumen. Karena itu, berikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen Anda. Jangan sampai bisnis Anda dicap jelek karena pelayaan yang tidak prima. Kalau perlu, jadikan ini sebagai bagian dari visi misi perusahaan.

Pelayanan yang baik termasuk di dalamnya adalah mendengar keluhan pelanggan, memberikan solusi, mengedukasi, bahkan kalau perlu mengganti barang yang sudah dibeli. Apabila konsumen Anda puas dnegan pelayanan yang Anda berikan, mereka akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada kolega-koleganya.

9. Manfaatkan media sosial
Media sosial bisa dimanfaatkan untuk apapun. Termasuk mengembangkan usaha yang Anda miliki. Anda bisa merambah ke bisnis online. Atau bisa juga memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dengan biaya yang lebih hemat.

10. Diversifikasi bisnis
Diversifikasi bisa dilakukan dengan mencari target market baru. Semakin banyak target market usaha Anda, semakin kecil risiko kerugian yang Anda alami jika ada kompetitor yang lebih menarik pelanggan lama Anda. Dengan diversifiaksi ini, Anda tetap masih punya target market lain yang bisa Anda jangkau.

Itulah sepuluh tips mengembangkan usaha Anda agar lebih besar. Namun apalah artinya mimpi mengembangkan usaha jika tidak ada modal yang bisa digunakan. Tenang, sekarang ada modal usaha bunga rendah yang bisa Anda ajukan untuk kepentingan usaha Anda. jika Anda tertarik dan ingin mencari info lebih lanjut, langsung saja klik tautan ini https://www.cekaja.com/small-business-banking.

0 komentar:

Posting Komentar