Senin, 20 Mei 2019

Ada Biaya yang Muncul saat Pinjam Dana Cepat KTA, Apa Saja?

Posted by mirajudin on Mei 20, 2019 with 1 comment

Ingin mengajukan KTA dana cepat cair untuk berbagai kebutuhan dalam waktu dekat? Jika iya, baiknya Anda lakukan survei lebih dulu. Pasalnya, selain harus membayar jumlah utang yang Anda pinjam, Anda juga diharuskan membayar berbagai biaya lain yang mengikuti pinjaman tersebut. Nah, apa saja biaya-biaya yang muncul dalam peminjaman KTA daring?

1. Biaya Provisi
Salah satu biaya yang akan dikenakan pada peminjam KTA adalah biaya provisi. Biaya ini merupakan biaya administrasi yang secara umum akan dipotong langsung dari jumlah pinjaman yang telah disetujui oleh pihak peminjam. Untuk jumlahnya, biasanya disesuaikan dengan besaran pinjaman yang diperoleh nasabah dalam bentuk persentase.

Biaya ini biasanya dikenakan satu kali saja ketika Anda mengambil pinjaman tersebut. Kabar baiknya, tak semua pinjaman KTA daring memberlakukan biaya provisi ini. Hanya saja, biaya administrasi yang akan dikenakan biaya jauh lebih tinggi dibanding bila ada biaya provisi. Pada umumnya, besaran biaya provisi ini adalah 0,5 hingga 1,5% dari total pinjaman.

2. Biaya Dimuka
Selain itu, Anda juga diwajibkan membayar yang namanya biaya dimuka. Biaya ini adalah biaya yang harus dibayarkan di luar angsuran. Jumlahnya juga berbeda-beda untuk setiap pemberi pinjaman dan kabar baiknya, tak semua penyedia pinjaman KTA juga menerapkan biaya dimuka ini.

3. Biaya Penalti
Ada juga yang disebut dengan biaya penalti. Biaya ini merupakan biaya yang muncul akibat pelunasan lebih awal terhadap sisa utang KTA yang dimiliki si peminjam. Hal ini biasanya ada karena konsekuensi akibar dilanggarnya perjanjian tenor awal yang telah dipilih dan disepakati kedua belah pihak.

Berapa jumlah biaya penalti ini ditentukan oleh si pemberi pinjaman KTA dan telah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Jumlah denda penalti ini ada dalam hitungan sekitar 6% dari jumlah utang pokok yang tersisa yang wajib dibayar ketika Anda melakukan pelunasan lebih awal.

4. Biaya Keterlambatan
Sedangkan bila Anda termasuk adalah orang yang tak bisa membayar pinjaman dalam tepat waktu, maka Anda harus waspada dengan yang namanya biaya keterlambatan. Biaya keterlambatan ini hadir sebagai konsekuensi karena Anda telat membayar cicilan per bulan yang telah ditetapkan. 

Besaran biaya denda dari dana cepat KTA ini juga bervariasi. Namun, rata-rata adalah 4% dari total cicilan yang harus Anda bayarkan pada saat itu. Oleh sebab itu, agar Anda terhindar dari biaya cicilan ini, baiknya Anda membayar cicilan tepat waktu atau mencatat tanggal jatuh tempo cicilan agar tak lupa kapan harus membayar kewajiban.

5. Biaya Tahunan
Jika pada awal pencairan dana Anda akan dikenakan yang namanya biaya provisi, maka tahun berikutnya Anda wajib membayar biaya tahunan. Meski tak semua pemberi pinjaman menerapkan biaya yang satu ini, namun Anda tetap harus waspada dengan biaya ini ketika pertama kali mengajukan KTA.

6. Biaya Asuransi
Ada lagi biaya asuransi. Biaya ini wajib Anda bayarkan dengan tujuan untuk melindungi ahli warid dari si pengguna KTA. Bila sewaktu-waktu debitur meninggal dunia, maka sejumlah utang yang tersisa akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Jadi, ahli waris tidak akan terbebani dengan utang KTA yang dimiliki nasabah tersebut.

7. Biaya Bunga
Tentu saja Anda juga diwajibkan untuk membayar biaya bunga. Besaran bunga KTA ini berbeda-beda untuk setiap bank. Namun, secara rata-rata, besarannya adalah 9 sampai 12 persen per tahun dari jumlah pinjaman yang diterima. 

Sistem biaya bunga ini juga berbeda-beda. Ada yang bersifat fkat atau tetap setiap bulannya, ada juga yang floating rate atau tidak sama setiap bulan. Kebijakan menggunakan sistem biaya bunga yang mana ada di tangan pemberi pinjaman. Jadi, Anda tak bisa menentukan mau bunga yang mana. 

Namun, yang harus Anda harus adalah bunga pinjaman dari KTA biasanya sangat tinggi jika dibanding biaya pinjaman lainnya. Oleh sebab itu baiknya sebelum memutuskan meminjam dana, lakukan perhitungan dulu apakah ini membebani atau tidak.

8. Biaya Meterai
Biaya meterai biasanya juga akan dikenakan pada Anda. Biaya ini akan dikenakan bila Anda menyetujui pinjaman yang telah Anda ajukan sebelumnya. Biaya ini dikenakan ketika pihak pemberi pinjaman meminta Anda untuk menandatangi surat atau dokumen perjanjian yang ada di atas meterai 6000.

Namun, tidak semua pihak penyedia pinjaman KTA dana cepat menerapkan biaya meterai ini. Ada juga pihak yang berbaik hati menggratiskan biaya meterai pada peminjamnya. Satu lagi yang harus Anda tahu. Biaya ini tak akan memotong jumlah plafon pinjamna Anda melainkan Anda wajib membayarnya secara tunai.

9. Biaya Administrasi
Jangan lupakan biaya yang satu ini. Biaya adminstrasi sebenarnya biaya yang harus Anda bayarkan di awal ketika pinjaman cair. Jumlah yang harus Anda bayarkan tergantung kebijakan setiap pemberi pinjaman. Namun, rata-rata jumlahnya adalah 100 hingga 250 ribu rupiah. 

Nah, itulah berbagai biaya yang muncul ketika Anda mengajukan pinjaman online KTA dana cepat cair. Meski tak semua pihak pemberi pinjaman menerapkan biaya tersebut, Anda tetap wajib tahu. Untuk info lebih lanjut mengenai lembaga pinjaman KTA terbaik, Anda bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/ saja.

1 komentar: