Rabu, 22 Mei 2019

Bunda, Kenali Ciri-Ciri akan Melahirkan sebelum HPL

Posted by mirajudin on Mei 22, 2019 with No comments

Menjelang hari kelahiran si kecil, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pemberian nama hingga perlengkapan melahirkan serta pernak-pernik bayi untuk dikenakan si kecil. Selain itu, Anda pun harus siap siaga melakukan tindakan lanjutan apabila satu dari ciri ciri akan melahirkan di bawah ini terjadi.

Leher Rahim Membuka
Untuk mempersiapkan dirinya sebelum kelahiran, maka leher rahim akan membuka dengan sendirinya. Ia akan melakukan pelebaran serta menipis dengan sendirinya. Hal ini bisa dimulai berminggu-minggu menjelang kelahiran atau bahkan hanya berjarak beberapa hari dari waktu kelahiran si kecil.

Untuk memastikan hal tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan rutin berupa tes internal setiap kali Anda datang berkunjung. Kondisi ini akan berjalan dengan baik apabila dibarengi dengan kontraksi yang  lebih teratur. 

Nyeri Punggung dan Kram Perut Lebih Sering
Selain leher rahim, sendi dan otot pada tubuh Anda pun juga akan mengalami perubahan sebagai persiapan menyambut kelahiran janin ke dunia. Ia akan melakukan pergeseran dan perenggangan sehingga menjadi lebih lentur untuk digerakkan.

Oleh karena itu semakin mendekati hari kelahiran sang buah hati, otot sendi Anda akan mengalami nyeri, terutama pada bagian punggung dan daerah paha. Perut pun ikut berpartisipasi dengan melakukan peregangan dan menunjukkannya melalui kram yang Anda rasakan.  

Tubuh Mudah Lelah
Semakin membesarnya kandungan, dibarengi  dengan sistem pencernaan yang semakin kacau karena mendapat tekanan dari sang janin membuat tubuh Anda tidak bisa mendapatkan tidur berkualitas pada malam hari. Sulitnya mendapatkan posisi tidur yang nyaman pun menjadi salah satu pemicu Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Oleh karena itu tak mengherankan apabila tubuh Anda merasa mudah lelah pada siang hari. Anda pun bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk mengganti tidur Anda di malam hari yang tidak nyenyak. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dengan catatan Anda tidak menghabiskan waktu tidur berlebih. 

Diare dan Muntah-Muntah
Ciri-ciri akan melahirkan lainnya adalah mual muntah serta diare seperti layaknya yang Anda alami pada trimester pertama kehamilan. Hal ini terjadi karena tubuh mulai memroses hormon lain sebagai persiapan menjelang kelahiran yang akan menimbulkan rangsangan berbeda pada sistem pencernaan Anda. 

Turun Berat Badan
Menjelang kelahiran, badan Anda akan berhenti mengalami kenaikan dan cenderung dalam keadaan stabil. Namun hal ini biasanya tidak berlangsung lama karena tubuh terus mengalami perubahan serta mual muntah yang kembali Anda rasakan. Ditambah dengan peningkatan intensitas Anda buang air kecil. 

Itulah ciri-ciri akan melahirkan yang biasa terjadi pada wanita. Anda pun harus benar-benar mengenali perubahan yang terjadi pada tubuh agar kelahiran bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan. Dapatkan beberapa tips lainnya seputar kehamilan dan tips parenting yang sangat berguna untuk Anda melalui Orami Magazine yang bisa Anda akses dari laman orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar