Sabtu, 04 Mei 2019

Jangan Lakukan 5 Hal ini Pada Mesin Cuci!

Posted by mirajudin on Mei 04, 2019 with 1 comment

Anda punya mesin cuci di rumah? Seberapa sering Anda membersihkannya? Ketika membersihkan mesin cuci, Anda lakukan sendiri atau memanggil tukang service mesin cuci

Mesin cuci adalah salah satu alat peralatan elektronik yang dibuat untuk mempermudah aktivitas mencuci setiap hari. Manusia membutuhkan mesin cuci untuk mencuci pakaian. Meskipun bisa dilakukan secara manual, kehadiran mesin cuci dirasa sangat memudahkan aktivitas yang satu ini. Apalagi jika mengingat tidak hanya satu atau dua pakaian yang akan dicuci, melainkan pakaian seluruh anggota keluarga.

Ketika Anda membeli mesin cuci baru, Anda akan mendapatkan buku panduan pengoperasian alat tersebut. Walaupun Anda sudah hafal di luar kepala bagaimana cara menggunakan mesin cuci, tidak ada ruginya Anda membaca buku tersebut. Karena selain memuat cara pengoperasian, juga memuat hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada mesin cuci.

Jika tidak ingin mesin cuci Anda mengalami penurunan kinerja atau bahkan hingga membutuhkan jasa service mesin cuci karena rusak, ada baiknya hindari hal-hal berikut ini.

1. Pintu mesin cuci ditutup ketika mengisi air
Ketika sedang mengisi air di mesin cuci, Anda tim yang mana, tim menutup pintu atau tim yang membiarkan pintunya tetap terbuka? Kalau Anda adalah tim menutup pintu mesin cuci ketika sedang mengisi air, Anda sebaiknya segera keluar dari tim ini.

Menutup pintu mesin cucui ketika mengisi air bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Hal ini bisa mengakibatkan suhu lembab di dalam mesin cuci yang akan memicu tumbuhnya jamur. Selain itu, membiarkan pintu mesin cuci tetap terbuka ketika mengisi air akan membuat interior mesin cuci Anda lebih harum dan segar.

2. Saringan air/ filter dibiarkan kotor
Salah satu komponen yang ada di dalam mesin cuci adalah saringan atau filter air. Komponen ini memiliki tugas untuk menyaring kotoran dan noda dari hasil sisa proses pencucian. Pemakaian mesin cuci dalam jangka waktu lama ditambah lagi jarang dibersihkan akan membuat filter airnya menjadi kotor. Anda tentunya tidak ingin mencuci baju tapi komponennya kotor, bukan?

Jadi jangan biarkan komponen saringan air menjadi sangat kotor. Bersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan masalah lain hingga membutuhkan jasa service mesin cuci.

3. Membersihkan mesin cuci dengan menggunakan air biasa
Membersihkan mesin cuci dengan menggunakan air biasa ternyata tidak memiliki efek yang maksimal. Anda perlu menggunakan air panas untuk mengangkat sisa-sisa deterjen hingga jamur yang menempel. Air dengan suhu normal belum mampu membunuh semua jenis kuman dan membersihkan kotoran yang menempel. Jadi kalau Anda ingin mesin cuci bersih maksimal, jangan gunakan air biasa. Gunakanlah air panas.

4. Kotak deterjen lupa dibersihkan
Komponen lain yang perlu dibersihkan adalah kotak deterjen. Lupa membersihkan kotak deterjen bisa mengakibatkan penyumbatan sehingga komponen ini tidak bisa bekerja secara maksimal. Sama dengan poin ke-3, gunakan air panas untuk membersihkan bagian ini.

5. Tabung cuci terlalu penuh
Buku pedoman yang Anda dapatkan ketika membeli mesin cuci baru akan menginformasikan kapasitas maksimal tabung cuci. Mencuci pakaian sekaligus hingga menyebabkan tabung cuci penuh bukanlah hal yang bijak. Hal ini akan memberatkan kinerja mesin cuci dan bisa menyebabkan kerusakan. 

Demikian lima hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada mesin cuci Anda. kebiasan-kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin cuci. Kalau sudah begitu, Anda akan direpotkan memanggil tukang service mesin cuci untuk memperbaikinya.

1 komentar: