Selasa, 17 Maret 2020

Masih Jadi Pilihan, Inilah 4 Manfaat Menyeduh Kopi Hitam

Posted by mirajudin on Maret 17, 2020 with No comments

Baik pria atau wanita saat ini sudah banyak yang gemar mengkonsumsi kopi. Entah di pagi, siang, atau sore hari, minum kopi menjadi pilihan bagi banyak orang saat ini. Tidak heran jika sudah banyak kedai kopi yang berkembang di berbagai sudut kota. Variasi dari kopi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari latte sampai dengan kopi hitam.

Kopi memang dikenal sebagai minuman yang dapat menahan kantuk. Ini dikarenakan zat bioaktif yang bernama kafein yang terkandung di dalam kopi. Makanya, saat ini di kantor-kantor pasti membuat jadwal yang bernama “coffee break” antara jam 10 sampai jam 11. Hal ini ditujukan agar karyawan tidak mudah mengantuk saat bekerja.

Berbagai pilihan kopi pun sudah banyak tersedia, salah satunya adalah kopi hitam. Memang, kopi hitam kurang digemari jika untuk kalangan wanita. Sebagian penikmat kopi hitam adalah pria. Namun tahukah Anda manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kopi jenis ini? Berikut simak ulasannya.

1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi kopi hitam dapat memperlancarkan metabolisme tubuh. Konsumsilah kopi hitam murni yang masih berbentuk bubuk kopi karena sudah pasti terbebas dari zat-zat lain yang terkandung dalam kopi instan.

2. Memperkuat Daya Ingat

Mengkonsumsi kopi hitam dapat memperkuat daya ingat. Ini diakibatkan oleh kandungan kafein yang tinggi. Kafein dikenal sebagai zat yang dapat menstimulasi sistem saraf pusat, yaitu otak. Jadi dengan mengkonsumsinya Anda bisa lebih fokus.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan yang terdapat pada kopi hitam dapat membakar lemak di perut. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengkonsumsi kopi hitam juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Zat yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh untuk mengatur insulin yang kelewat batas dalam tubuh.

5. Menjaga Mood

Minum kopi hitam tanpa gula dapat membuat awet muda dan menjaga mood Anda tetap stabil. Hal ini dikarenakan zat kafein dapat meningkatkan dopamin dalam tubuh.

6. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kopi dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, akan mengurangi resiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi kopi hitam. Konsumsilah dengan takaran yang tepat dan jangan berlebihan, terlebih jika Anda punya kolesterol yang tinggi. Atau gantilah jenis kopi yang Anda minum jika merasa terkena kecemasan atau gangguan tidur saat Anda mengkonsumsi kopi hitam. Karena sebagian orang memang tidak cocok mengkonsumsi jenis ini. Berbagai gangguan kecil dapat terjadi seperti perut yang perih ataupun pencernaan terganggu. Jadi, untuk Anda penikmat kopi, kenalilah jenis kopi apa yang cocok untuk Anda konsumsi.

0 komentar:

Posting Komentar