Jumat, 10 April 2020

4 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Alami

Posted by mirajudin on April 10, 2020 with No comments

Premature ejaculation atau ejakulasi dini merupakan suatu kondisi di mana seorang pria mencapai klimaks terlalu cepat saat berhubungan intim. Kondisi ini cukup membuat para pria khawatir, cemas, bahkan merasa frustasi karena ada rasa takut tidak mampu menyenangkan pasangannya. Sebenarnya, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena Anda tidak sendirian, sebagian besar pria lainnya juga mengalami hal yang sama. Namun, bukan berarti ejakulasi dini bisa dihiraukan begitu saja. Jika ejakulasi dini terjadi secara terus-menerus, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Tapi, apakah ejakulasi dini hanya bisa ditangani dengan pengobatan medis? Ada beberapa cara mengatasi ejakulasi dini secara alami, namun kita juga perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Lantas, apa penyebab dari ejakulasi dini?

MENGAPA EJAKULASI DINI TERJADI?

Ejakulasi dini bisa terjadi pada siapapun terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan dan gangguan emosional (psikis).

Masalah kesehatan bisa berupa gangguan hormon, tiroid, saraf, prostat, dan penyakit tertentu seperti diabetes. Sedangkan untuk gangguan emosional bisa berupa kecemasan, stres, depresi, bahkan trauma. Dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa ejakulasi dini terjadi akibat dari faktor genetik dan penyalahgunaan obat-obatan.

Dalam dunia kesehatan, diketahui setidaknya dua jenis ejakulasi dini, yaitu ejakulasi dini primer dan sekunder.

Ejakulasi dini primer dialami oleh pria sejak pertama kali atau setiap berhubungan intim. Sedangkan untuk ejakulasi dini sekunder yaitu ejakulasi yang terjadi sebelum pria memiliki riwayat masalah ejakulasi.

BAGAIMANA CARA MENGATASI PREMATURE EJACULATION?

Sebelum melakukan penanganan, perlu dilakukan penegakkan diagnosis. Diagnosis dilakukan dengan cara mengkaji riwayat kesehatan serta kehidupan seksual seorang pria. Jika ejakulasi dini terjadi bersamaan dengan adanya disfungsi ereksi, maka dokter akan melakukan tes laboratorium yaitu dengan tes darah untuk mengetahui kadar hormon testosteron.

Setelah diagnosis ditetapkan, ejakulasi dini bisa diatasi dengan penanganan berikut ini:

1. Penanganan dengan obat-obatan

Obat yang digunakan biasanya termasuk ke dalam antidepresan atau obat pereda depresi. Menggunakan obat pastinya memiliki efek samping masing-masing. Efek samping obat jenis ini yaitu tubuh terasa lelah, sering berkeringat, mual, muntah, dan diare. Efek samping ini dapat reda dengan sendirinya setelah tubuh Anda sudah beradaptasi dengan obat selama beberapa minggu.

2. Penanganan dengan konseling

Anda dapat menceritakan segala masalah yang mungkin menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini. Tidak semua orang bisa dengan mudah menceritakannya karena rasa malu. Namun, ini adalah salah satu cara penanganan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ejakulasi dini. Dengan berkonseling atau berkonsultasi, diharapkan dapat membantu pasangan menurunkan rasa stres dan cemas yang dialami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi serta mencegah ejakulasi dini. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini adalah dengan melakukan terapi perilaku kognitif (Cognitive Behavioural Therapy/ CBT).

3. Penanganan dengan obat herbal

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan obat maupun pengobatan tradisional. Ada beberapa pengobatan dari Asia yang memang terbukti dapat mengatasi premature ejaculation. Seperti pengobatan tradisional yang berasal dari India dan China. Khasiatnya adalah adanya peningkatan energi dan stamina. Selain mengatasi ejakulasi dini, pengobatan herbal pun dipercaya dapat mengatasi disfungsi ereksi yang dialami pria.

4. Penanganan dengan olahraga

Cara lain mengatasi ejakulasi dini secara alami yaitu dengan melakukan olahraga. Para pria bisa melakukan senam kegel maupun yoga, kemudian untuk memicu kesehatan jantung seperti senam aerobic.

0 komentar:

Posting Komentar