Kamis, 30 April 2020

Mayora, Perusahaan Indonesia Yang Mendunia Lewat Produk-Produknya

Posted by mirajudin on April 30, 2020 with No comments

Anda tentu tidak asing lagi dengan nama Mayora. Namanya berseliweran setiap hari di TV swasta yang biasa Anda tonton. Mayora atau PT Mayora Indah Tbk adalah perusahaan yang bergerak di sektor FMCG atau produk konsumsi. Produk-produknya tetap eksis dan laris manis hingga sekarang. Semua itu tidak terlepas dari komitmen untuk menjaga kualitas yang tertuang dalam kode etik perusahaan Mayora.

Sejarah Mayora

Sebelum menjadi perusahaan resmi, Mayora merupakan usaha keluarga yang memproduksi biskuit marie sejak tahun 1948. Kemudian oleh Jogi Hendra Atmadja dan dua rekannya, yaitu Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan Kurnia, didirikanlah PT Mayora Indah pada tanggal 17 Februari 1977 di Jakarta.

Mayora membangun pabrik pertamanya di Tangerang. Produk andalan dari perusahaan ini adalah biskuit Roma Kelapa. Biskuit kelapa ini eksis sejak akhir tahun 1970-an dan masih menjadi pilihan masyarakat hingga saat ini.

Kemudian pada akhir tahun 1980-an, diluncurkan produk permen kopi pertama di Indonesia, yaitu Kopiko. Kehadiran Kopiko disambut baik dan menjadikannya sebagai produk terlaris pada saat itu. Pada tanggal 4 Juli 1990, Mayora telah resmi mendaftarkan diri menjadi perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia dengan kode IDX MYOR. 

Demi memenangkan persaingan bisnis, Mayora tidak segan-segan mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk promosi produk melalui iklan TV. Selain itu, Mayora juga mengalokasikan dana khusus untuk kebutuhan riset pasar demi ekspansi pasar hingga ke luar negeri. Hingga kini, produk-produk dari Mayora telah dipasarkan ke 5 benua dengan lebih dari 90 negara tujuan.

Visi Misi Mayora

  1. Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis
  2. Dapat memperoleh Laba Bersih Operasional di atas rata-rta industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan
  3. Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

Produk yang Dihasilkan

Secara umum, produk yang dihasilkan Mayora bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu makanan dan minuman olahan, yang terbagi dalam 6 divisi, yaitu?

  1. Divisi biskuit
  2. Divisi kembang gula
  3. Divisi wafer
  4. Divisi cokelat
  5. Divisi kopi
  6. Divisi makanan kesehatan

Kode Etik Perusahaan

Demi menjaga kualitas produk-produk yang dihasilkan, setiap karyawan Mayora tanpa terkecuali harus memegang teguh Kode etik perusahaan Mayora yang didasarkan pada 7 prinsip Mayora, yaitu:

  1. Quality
  2. Efficiency
  3. Innovation
  4. Passion
  5. Wisdom
  6. Responsibility
  7. Confidence
Dengan memegang teguh Kode etik perusahaan Mayora yang didasarkan pada 7 prinsip tersebut, diharapkan semua karyawan bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan semangat yang sama, yaitu untuk memberikan yang terbaik setiap  harinya. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas produk dan nama baik perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar