Selasa, 23 Juni 2020

Empat Langkah Penting Membuat Anggaran Bulanan

Posted by mirajudin on Juni 23, 2020 with No comments

Membuat anggaran pengeluaran bulanan adalah tentang detail. Jika kamu mampu untuk menjaga uang dan pengeluaran, kamu tidak perlu khawatir tentang uang kamu lagi. Jika kamu tidak biasa membulatkan pengeluaran ke angka terdekat, kamu tidak menyangka bahwa kamu bisa menghemat lebih lagi untuk 200 bulan ini. Selain itu kamu akan lebih spesifik. Hitungan kamu akan menjadi tepat. Kamu juga akan mudah mengendalikan kehidupan finansial dan bertanggung jawab atas uang kamu, bukan sebaliknya. Berikut rumus sederhana yang akan kamu gunakan untuk menyeimbangkan anggaran bulanan :

Pendapatan-Biaya Hidup-Tabungan = Nol

Lalu, bagaimana cara untuk dapat menggunakan rumus tersebut dengan tepat? Mari simak sampai tuntas artikel ini ya, karena kami akan memberikan step by step cara untuk menghemat pengeluaran bulanan .

1. Langkah 1: Tuliskan

Langkah pertama mungkin merupakan langkah paling penting dari semuanya. Untuk membuat anggaran yang berhasil,  kamu perlu menuliskannya. Izinkan kami untuk  mengulanginya “ kamu perlu menuliskan anggaran”. Itu tidak mungkin ada di kepala kamu dengan mudah, maka tulislah. Ini tidak bisa ditebak. Menebak menyisakan terlalu banyak ruang untuk kesalahan. Kamu harus tepat dan anggaran kamu harus ditulis dengan jelas, sehingga kamu dapat melihatnya.

2. Langkah 2: Tentukan Penghasilan 

Jika kamu seperti kebanyakan orang, penghasilan kamu sedikit berbeda dari bulan ke bulan. Namun, tulislah pendapatan kamu setepat mungkin. Daripada memperkirakan penghasilan kamu di masa mendatang, coba gunakan penghasilan sebenarnya!

3. Langkah 3: Bayar Diri Kamu Terlebih Dahulu

Tepat di bawah kategori pendapatan, buatlah kategori pengeluaran pertama kamu yaitu tabungan. Ya, kami ingin kamu menganggap tabungan sebagai pengeluaran pertama dan juga pengeluaran yang paling penting.

Bahkan sebelum kamu berpikir untuk membayar pengeluaran yang lain, coba bayar diri kamu sendiri dulu. Ini akan membantu menempatkan fokus kamu pada menabung daripada berbelanja, dan di situlah kamu ingin fokus berada!

4. Langkah 4: Tentukan Pengeluaran Bulanan 

Oke, sekarang saatnya menentukan pengeluaran kamu bulan ini. Tempatkan bagian ini tepat di bawah bagian tabungan pada lembar anggaranmu. Pertama, bagi pengeluaran kamu menjadi dua kategori yaitu tetap dan variabel.

0 komentar:

Posting Komentar