Senin, 19 Oktober 2020

Manfaat Ekstrak Jahe Merah untuk Kesehatan

Posted by mirajudin on Oktober 19, 2020 with No comments

Jahe merupakan salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk bumbu masakan dan pada umumnya digunakan sebagai minuman. Jenis jahe sendiri pada umumnya beragam, dimana salah satunya adalah jahe merah yang mempunyai perbedaan apabila dibandingkan dengan jahe yang dikenal. Jahe ini seperti namanya mempunyai warna merah keunguan karena mempunyai kandungan antosianin yang ada pada kulitnya. Ekstrak jahe merah sendiri dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk pengobatan tradisional dan mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Sehingga tidak heran jahe merah yang mempunyai nama latin Zingiber offiicnale var Rubra ini banyak dicari dan digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang diderita seseorang. Adapun untuk beberapa manfaat yang dipunyai bahan jahe merah adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai obat antiperadangan

Manfaat pertama yang bisa dipunyai dan dihasilkan dengan mengkonsumsi jahe merah adalah sebagai obat antiperadangan. Untuk mengatasi masalah rasa nyeri yang terjadi karena radang, Anda bisa menggunakan jahe merah yang mempunyai potensi untuk dapat menekan proses peradangan. Jahe merah bisa digunakan untuk mengatasi peradangan hingga yang kronis sehingga hal ini menjadi keunggulan tersendiri ketika mempunyai radang bisa menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan di dapur yang satu ini.

2. Mencegah hipertensi

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan apabila menggunakan jahe merah adalah dapat mencegah hipertensi. Darah tinggi bisa membuat banyak komplikasi penyakit lainnya apabila tidak diatasi dengan baik. Oleh karena itulah Anda perlu untuk mengelola dan mencegah hipertensi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan ekstrak cair dari jahe baik itu jahe putih maupun jahe merah. Jahe tersebut mempunyai kandungan yang akan dapat mempunyai peran untuk mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit yang mengikutinya seperti kardiovaskular. Sehingga dengan mengkonsumsi jahe merah dapat untuk menghambat enzim yang bisa menimbulkan terjadinya hipertensi.

3. Sebagai antioksidan

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari jahe merah adalah dapat untuk antioksidan. Kerusakan oksidatif yang terjadi pada membran sel dan juga tingginya kadar ion besi biasanya disebabkan oleh penyakit degeneratif yang terjadi pada saraf dan otak. Dimana hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan jahe merah maupun jahe putih karena fungsi bahan ini yang dapat melindungi otak dan juga menghalangi terjadinya peroksidasi oleh ion besi yang terjadi pada otak. Sehingga dengan efek perlindungan yang dipunyai, jahe merah juga dapat digunakan sebagai bahan untuk melindungi sel otak karena stress oksidatif.

Selain manfaat di atas, tentu saja ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari ekstrak jahe yang dikonsumsi. Untuk mengkonsumsinya Anda juga harus memperhatikan dosis yang dipunyai sehingga tidak berlebihan. Dimana jahe yang dibutuhkan oleh tubuh hanya 4 gram perhari, sehingga bisa untuk mengkonsumsinya secara tepat. Adapun untuk mendapatkan manfaatnya Anda juga memerlukan cara yang tepat agar mendapatkan manfaat lebih optimal.

Dimana langkah pembuatan ekstrak jahe merah yang tepat sehingga dapat untuk bermanfaat untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

1. Langkah pertama adalah dengan memarut jahe segar sebanyak 1,5 sendok saja.

2. Selanjutnya Anda bisa menyiapkan rebusan air sebanyak 4 gelas air saja.

3. Tambahkan jahe ke dalam air yang direbus.

4. Biarkan rebusan air dan jahe tersebut hingga matang selama 10 menitan.

5. Saring hasil rebusan tersebut untuk memisahkan parutan jahe.

6. Taruh jahe dalam gelas dan siap untuk dikonsumsi baik panas maupun dingin.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar