Senin, 25 Januari 2021

Hal-hal yang Musti Diperhatikan untuk Melakukan Perawatan Luka Operasi di Rumah Secara Mandiri

Posted by mirajudin on Januari 25, 2021 with No comments


Merawat luka operasi itu memang bisa dilakukan dengan bantuan tenaga medis atau bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah. Luka yang timbul karena bekas operasi ini bukan merupakan hal yang sepele karena jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat ditakutkan nanti malah bisa muncul infeksi yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan asal sembarangan dalam memberikan perawatan luka pasca operasi terlebih jika dilakukan secara mandiri di rumah dan tidak menggunakan bantuan oleh tenaga medis yang sudah terbiasa menangani hal tersebut. 

Merawat luka pasca operasi itu sebenarnya memang tidak perlu meminta bantuan pihak tenaga medis namun dengan catatan waspada dan tidak sembarangan karena luka pasca operasi itu rentan sekali mengalami infeksi jika tidak diperhatikan dengan baik-baik. Untuk itu, Anda yang mungkin memiliki luka pasca operasi dan ingin merawatnya secara mandiri di rumah dan tidak meminta bantuan pada pihak tenaga kesehatan, ada berbagai macam hal penting yang sangat perlu dan penting sekali untuk Anda perhatikan. 

Jika perawatan luka operasi di rumah dilakukan dengan hati-hati dan tidak ceroboh maka bisa menghindarkan beberapa kemungkinan buruk yang bisa terjadi yakni seperti mencegah infeksi dan untuk menghindari adanya komplikasi dengan penyakit lain yang mungkin bisa membuat keadaan semakin bertambah parah. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat akan melakukan perawatan mandiri luka pasca operasi di rumah: 

Luka jangan sampai terkena air 

Yang pertama adalah apabila ingin melakukan perawatan pasca operasi di rumah secara mandiri dan tidak menggunakan jasa tenaga medis maka harus dipastikan kembali bahwa lukanya jangan sampai kena air yang nanti malah bisa membuat luka tidak segera kering. Jadi memang luka operasi itu tidak boleh terkena air selama kurang lebih 24 jam pasca operasi. jadi usahakan saat membersihkan tubuh biasakan menggunakan dan menyeka tubuh dengan kain atau spons saja. 

Ganti perban secara berkala 

Tujuannya adalah ini sebagai salah satu langkah untuk menghindarkan luka menjadi tambah parah karena perban yang tidak diganti secara rutin bisa menyebabkan infeksi. Untuk itu, maka usahakan ganti perban yang menutup luka operasi secara berkala dan usahakan untuk sebelum melepas perban pada luka operasi dan menggantinya dengan yang baru cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan keringkan serta jika sudah selesai mengganti perban maka jangan lupa cuci tangan kembali dengan menggunakan sabun. 

Hati-hati supaya jahitan tidak robek 

Karena luka gampang sekali robek maka jika memberikan perawatan maka harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Jadi apabila ingin memberikan perawatan usahakan untuk dilakukan dengan sangat lembut dan hati-hati supaya luka tidak gampang robek. Dan jika kebetulan luka berada pada bagian perut maka Anda bisa memegang luka dengan bantal di atas secara lembut supaya luka tidak mudah robek. 

Langkah-langkah sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas ini memang sangat penting untuk diperhatikan dan menjadi pertimbangan jika ingin merawat luka bekas operasi saat berada di rumah secara mandiri dan tidak menggunakan bantuan tenaga medis. Tetapi alangkah baik jika memang sebelumnya Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang bagus untuk memberikan luka perawatan pasca operasi Anda bisa meminta bantuan pada pihak tenaga medis. 

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar